Film ?

Film              : ?

Sutradara   : Hanung Bramantyo

Durasi           : 100 menit

Pemain        : Reza Rahadian sebagai  Soleh, Revalina S Temat  sebagai Menuk, Agus Kuncoro sebagai Surya, Endhita sebagai Rika, Rio Dewanto sebagai Hendra, Hengky Sulaeman sebagai  Tan Kat Sun, Edmay sebagai  Lim Giok Lie, Glenn Fredly sebagai Doni, David Chalik sebagai Ustadz, Dedy Soetomo  sebagai Romo gereja  Santo Paulus

Film ini berlatar belakang perbedaan dan sikap toleransi yang mengedepankan akidah umat. Film ini berani mengungkap pertentangan dan gesekan-gesekan sosial antara agama-agama dalam masyarakat.Konflik sosial dalam kehidupan sehari-hari yang kian banyak jumlahnya karena perbedaan pandangan hidup menjadi potret dalam film besutan Hanung Bramantyo ini.

Film ini berkisah tentang konflik keluarga dan pertemanan yang terjadi di wilayah kota tua di daerah Jawa Tengah. Tersebutlah masjid, gereja dan klenteng yang letaknya tidak berjauhan. Para penganutnya memiliki hubungan satu sama lain. Dalam film ini terdapat tiga keluarga dengan latar belakang yang berbeda.

Soleh (Reza Rahadian), beragama Islam, kepala keluarga yang tidak bekerja. Meski rajin menjalankan ibadah, ia selalu gundah akan keadaan dirinya,. Sementara istrinya yang berjilbab, Menuk (Revalina S Temat), bekerja di restoran Tan Kat Sun. Menuk yang praktis menjadi tiang keluarga, tampil sebagai istri teladan.

Lewat film yang terinspirasidari kisah nyata ini, Hanung Bramantyo mencoba menyampaikan pesan tentang toleransi beragama yang dinilainya kian luntur belakangan ini. Pikiran kaum muda yang sudah terkontaminasi bahwa berbeda itu haram, kembali diluruskan sehingga dapat memaknai indahnya perbedaan dalam kasih sayang merupakan muatan edukasi dalam film ini.

Tanda Tanya mengingatkan kembali semangat Indonesia saat zaman dahulu sikap saling mengerti dibutuhkan dalam memandang keragaman. Saling mendukung dengan segala pengertian atas perbedaan. Memaknai arti toleransi untuk dapat hidup berdampingan dengan damai dan penuh kasih, serta kemudian membahas mengenai bagaimana pertentangan-pertentangan ini bisa diselesaikan. « [teks: Nisa & foto: sumber google]

Postingan lain dari artikel ini dapat dilihat di newscovery

One thought on “Film ?

  1. Ping-balik: Film ? « nisaazdiati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s