Pameran Flona 2011 Diserbu Pengunjung

Masih dalam rangkaian acara HUT ke-484 Kota Jakarta, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, kembali menyelenggarakan Pameran Flona (Flora dan Fauna) yang ke-26. Pameran yang dibuka langsung oleh Gebernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo pada Senin, 20 Juni 2011 lalu, akan berlangsung sampai 25 Juli 2011 mendatang. 350 stand ramaikan pameran Flona di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat ini. Pengunjung dapat menikmati pameran tanaman hias, usaha agro bisnis, hewan ternak dan hewan peliharaan di acara ini. Ada pula jenis-jenis kerajinan berbahan produk hutan, pameran replika icon dan taman biopori dari enam wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta.

Dari masing-masing wilayah mengangkat tema yang menjadi unggulan di wilayahnya. Jakarta Utara mengangkat tema Menara Syahbandar. “Dengan ditampilkannya replika Menara Syahbandar dalam ajang Flona 2011, bisa menjadi sarana mempromosikan 12 jalur destinasi wisata pesisir Jakarta Utara. Karena dalam pameran ini, akan banyak masyarakat yang datang dari berbagai daerah, sehingga akan mempermudah upaya mempromosikan wisata pesisir andalan Jakarta Utara”, ujar Ardani, Designer Perencanaan Jakarta Barat. Jakarta Selatan mengambil tema Taman Ayodia, Jakarta Barat mengangkat Stasiun Kota dengan paduan Rumah Joglo. Begitu pun Jakarta Timur dan Jakarta Pusat yang mengangkat tema unggulan dari masing-masing wilayahnya. Selain memperkenalkan wilayah unggulan kota administrasinya, pameran replika dan taman ini diperlombakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Pameran Flona ini memiliki banyak manfaat, selain dapat menumbuhkan keinginan warga untuk mencintai lingkungan, juga menjadi ajang komunikasi antara produsen dan konsumen. Bahkan pada akhirnya juga akan meningkatkan nilai ekonomi. Karena apa yang dipamerkan membuat pengunjung tertarik untuk membelinya. Narti, Salah satu pengunjung Flona mengaku, ia memang sudah menunggu ajang tahunan garapan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta tersebut. Begitu mengetahui pameran sudah dibuka, ia dan suami datang ke Lapangan Banteng untuk membeli sejumlah tanaman. “Saya ini sebenarnya hobi berkebun”, ucap warga asal Depok, Jawa Barat. Ia terus berkeliling melihat beragam tanaman yang dipajang di ratusan stand penjualan.

Tidak hanya stand flora yang ramai, di pojok kanan Lapangan Banteng, stand fauna juga banyak diminati. Terlihat sejumlah pecinta binatang, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak memadati stand-stand fauna ini. Dalam acara Pameran Flona ini, ada yang berbeda dari Pameran Flona sebelumnya, yaitu diadakan Kontes Burung Kicauan yang diikuti oleh 700 peserta. Kontes burung ini pertama kalinya diadakan dalam pameran Flona. Rencananya kontes burung ini akan merebutkan Piala Gubernur. Bagi anda yang belum sempat berkunjung, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mampir. Pameran Flona ini bebas biaya masuk. « [teks & foto: nisa]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s